Ganglion salah satu tumor jinak

 


Berbagi cerita  
awal mula ada benjolan itu q sama sekali tidak sadar. karena benjolan pada pergelangan tangan  tiba-tiba muncul. awalnya saya kira hanya bentol atau memar saja. difikiran q "nanti juga hilang sendiri" dan hal yang dilakukan hanya mengolesinya dengan minyak telon/minyak kayu putih.  tetapi lebih  dari 2  minggu masih seperti itu bahkan makin lama makin besar, walaupun perubahannya tidak terlalu ekstrim 


seperti pada video di atas bisa dilihat ukuran benjolannya sudah lumayan besar. itu sekitar 1 bulanan lebih dari saya mulai sadar ada benjolan. tidak ada keluhan seperti terasa sakit atau apapun, yang ada hanya perasaan malu karena ada benjolan . apa lagi pekerjaan q sebagai guru yang tiap hari interaksi dengan siswa. 

akhirnya setelah berdiskusi dengan Orang tua dan kakak, saya konsultasi ke klinik terdekat dan kebetulan di klinik tersebut ada dokter bedahnya. setelah bertemu dokternya beliau bilang bahwa itu adalah tumor jinak yang dan tidak terlalu berbahaya. hanya saja kalau di biarkan terlalu lama bisa mempengeruhi jaringan sekitarnya dan untuk menanganinya yaitu dengan oprasi kecil. namun dokter bilang bahwa walaupun telah menjalani oprasi pengangkatan bisa jadi tumor itu muncul kembali.

Setelah berpikir beberapa menit akhirnya saat itu juga saya mau untuk oprasi pengangkatan tumor jinak tersebut. dokter bilang hanya oprasi ringan dan menggunakan bius lokal. ya walaupun hanya oprasi ringan tapi yg namnya oprasi yah tetep aja ada ketakutan tersendiri, ditambah lagi saya takut dengan jarum suntik. 

namun karena ingin sembuh dan biar tidak bolak-balik lagi ke klinik saya beranikan diri. tetapi karena menggunakan bius lokal saya sadar dan terasa sakit namun sedikit dan masih bisa di tahan. untuk ngilangin rasa takut saya izin ke dokter untuk membuka HP selama oprasi dan alhamdulillah di perbolehkan. jadi selama oprasi saya hanya fokus nonton reality show korea di youtube :D. tidak terasa oprasinya selesai dan berjalan lancar, oprasi berlangsung sekitar 30 menitan. dan ternyata jahitannya pun tidak terlalu panjang hanya 2-3 cm saja.

saran saya apabila kalian memiliki benjolan di tangan seperti saya jangan lah takut dan konsultasikan saja dengan dokter. takutnya nanti kalau dibiarkan malah berbahaya. oprasi nya hanya sekitar 30 menitan, dan tidak terlalu terasa sakit. tetapi yg agak lama pemulihannya karena posisinya di tangan, apalagi saya di ditangan sebelah kanan jadi untuk beberapa hari tidak bisa di gunakan seperti biasa karena jahitan masih basah. seperti pada video di atas itu mulai oprasi sampai bener-bener sembuh ( 22 juli -19 agustus 2022) 


Tetap Semangat dan Sehat Selalu Teman-teman  


Komentar